Senin 30 Januari 2023

Ujian Dinas Tingkat I Dan II Bagi PNS Lingkup Pemkab Nias Utara Tahun 2018

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
Share on telegram
LASSERNEWS.COM – Nias Utara, Wakil Bupati Nias Utara Haogosochi Hulu, SE.MM membuka secara resmi pelaksanaan Ujian Dinas Tingkat I dan Tingkat II bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nias Utara yang difasilitasi Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Nias Utara, bertempat di Grand Kartika Kota Gunungsitoli Tanggal 8 Agustus 2018.
Sesuai laporan Sekretaris BKD Kab. Nias Utara Septianus Gea, A.Ma.Pd menyampaikan peserta Ujian Dinas adalah PNS Lingkup Pemkab Nias Utara berjumlah 18 (delapan belas) Orang, terdiri dari Ujian Dinas tingkat II Golongan III/d sebanyak 13 Orang dan ujian dinas tingkat I Golongan II/d sebanyak 5 Orang.
Wakil Bupati (Wabup) Nias Utara dalam arahannya menyampaikan bahwa, ujian dinas bagi Pegawai Negeri Sipil dilingkungan Kab. Nias Utara Tahun 2018 bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan setiap PNS yang akan naik pangkat/golongan yang lebih tinggi yang telah ditentukan oleh perundang-undangan yang berlaku, meningkatkan prestasi kerja dan pengabdian PNS kepada Negara serta membangun manajemen pemerintahan yang profesional, bersih dan berkualitas.
Sebagaimana diketahui bersama Peraturan Pemerintah No 12 Tahun 2002 menyatakan bahwa kenaikan pangkat bagi PNS merupakan salah satu cara untuk meningkatkan prestasi kerja dan pengabdian kepada Negara. Selanjutnya disampaikan bahwa terkait dengan kenaikan pangkat PNS, Pemerintah telah menetapkan mekanisme berupa ujian dinas Tingkat I dari Pengatur TK. I (II/d) menjadi Penata Muda (III/a) dan Tingkat II dari Penata TK. I (III/d) menjadi Pembina (IV/a).
Untuk itu, lanjut Wabup, sebelum naik ke Golongan/Pangkat yang lebih tinggi maka PNS yang bersangkutan diwajibkan menguasai dan lulus materi-materi yang akan diajukan yakni Pancasila dan UUD 1945, Peraturan Perundang-undangan dibidang kepegawaian, KORPRI, Pengetahuan Perkantoran, Tugas Pokok Fungsi Struktur Organisasi dan Tatakerja Instansi yang bersangkutan, Pengetahuan dibidang Subtantif Instansi yang bersangkutan dan Pengetahuan lain, Bahasa Indonesia dan Materi tentang Sejarah Indonesia.
Kita berharap melalui kegiatan ini semoga dapat terwujudnya SDM aparatur yang lebih Berkompeten, Profesional dan Berkualitas dalam melaksanakan tugas-tugas pokok dan fungsinya sehingga dapat membawa kemajuan di instansi masing-masing, ucap Haogosochi.
Turut dihadiri oleh Asisten, Pimpinan Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Utara, BKN Regional Medan Sumatera Utara, ASN/PNS. (F.Lahagu)