Jumat 25 Oktober 2024

Pilkada Serentak 2024, 5 Paslon Bupati-Wakil Bupati Mendaftar ke KPU Dairi

Ketua KPU Dairi, Aryanto Tinendung didampingi komisioner memberi keterangan pers setelah tahap pendaftaran bacalon kepala daerah berakhir, Jumat (30/8/2024) (DETEKSI.co/Parulian Phsp Nainggolan)
Ketua KPU Dairi, Aryanto Tinendung didampingi komisioner memberi keterangan pers setelah tahap pendaftaran bacalon kepala daerah berakhir, Jumat (30/8/2024) (DETEKSI.co/Parulian Phsp Nainggolan)

Bagikan :

LASSERNEWS.COM – Dairi, Tahapan pendaftaran calon kepala daerah pada pilkada serentak tahun 2024 berakhir pada 29 Agustus 2024 pukul 23.59 Wib. Hingga tenggang waktu dimaksud, 5 pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati mendaftar ke KPU Dairi.

Hal itu disampaikan ketua KPU Dairi Aryanto Tinendung didampingi Komisioner Asih Firmansyah Solin, Ridwan Hendra Agustinus Samosir, Anggiat Marulitua Sinaga dan Rono Anto Sinaga dalam konfrensi Pers di kantor KPU Dairi, Jumat (30/8/2024).

Berkas yang dipersyaratkan dalam pendaftaran dinyatakan ‘ada dan lengkap’ untuk seluruh pasangan calon. Terkait keabsahan dokumen dimaksud, KPU Dairi akan melakukan verifikasi faktual.

Aryanto merinci, 5 pasangan calon yang mendaftar ke KPU Dairi adalah pasangan Rimso Maruli Sinaga – Barita Sihite, mendaftar di hari pertama melalui jalur perseorangan dengan jumlah dukungan 22.989 dukungan.

Kemudian di hari kedua pendaftaran, pasangan Danjor Nababan-Azhar Bintang diusung partai Gerindra dan NasDem dengan total suara sah dukungan 34.615 suara. Selanjutnya pasangan David Partahan Najogi Sasta Maju Tambunan – Dedy Manihar Matondang diusung Partai Demokrat, PSI dan Partai Hanura dengan total suara sah dukungan berjumlah 39.770 suara.

Sedangkan di hari terakhir pendaftaran, Vikner Sinaga berpasangan dengan Wahyu Daniel Sagala mendaftar ke KPU Dairi diusung Partai Golkar, Perindo dan PKS dengan total suara sah dukungan 62.920 suara sah, dan pasangan terakhir yang mendaftar adalah Eddy Keleng Ate Berutu berpasangan dengan Depriwanto Sitohang diusung PDI Perjuangan dengan jumlah suara sah dukungan 35.624 suara.

Tahapan selanjutnya, pasangan calon akan melakukan pemeriksaan kesehatan di RS H. Adam Malik berlangsung 30 dan 31 Agustus 2024.

Paralel dengan tahap pemeriksaan kesehatan, KPU Dairi juga akan melaksanakan pemeriksaan keabsahan berkas yang diupload di Silon seperti Ijazah dan berkas lainnya.

Untuk pemeriksaan keabsahan berkas bacalon, KPU akan melakukan verifikasi ke berbagai wilayah yakni Sidikalang, Simalungun, Langkat, Lubuk Pakam, Medan dan Tapuanuli Utara. Sebaran lokasi lainnya adalah di Tangerang, Jakarta, Bandung dan Lampung.

“Proses pendaftaran dari awal sampai akhir berlangsung baik, aman dan tertib. Kondisi itu tercipta atas kerjasama semua pihak, untuk itu kami sampaikan terimakasih”, sebut Aryanto sembari mengharapkan kondisi sedemikian tetap terpelihara sampai seluruh tahapan terselenggara. (NGL)