Minggu 29 Januari 2023

Perbaikan Jalan Patumbak, Talun Kenas dan Tiga Juhar, Baskami: Capai Pemerataan Pembangunan Di Sumut

Ketua DPRD Sumatera Utara, Baskami Ginting
Ketua DPRD Sumatera Utara, Baskami Ginting

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
Share on telegram

LASSERNEWS.COM-Deliserdang, Ketua DPRD Sumatera Utara, Baskami Ginting kali ini meninjau proyek peningkatan struktur jalan provinsi, Ruas Simpang Patumbak- Talun Kenas dan Tiga Juhar, Deliserdang.

Kepada awak media, Baskami memaparkan, pihaknya mendapat masukan dari warga di media sosial, untuk meninjau kawasan tersebut.

Menurutnya, daerah tersebut kurang mendapat perhatian. Warga mengeluhkan, kondisi jalan yang kurang baik. Akan tetapi, lanjut Baskami, ruas Patumbak hingga Tiga Juhar, menjadi bagian dari anggaran multiyears sebesar Rp 2,7 Trilyun.

“Semua dilakukan untuk mencapai pemerataan pembangunan di Sumatera Utara. Kita harap dengan infrastruktur yang baik, dapat mendorong potensi daerah,” ujarnya, Kamis (19/1/2023).

Menurut Baskami, dengan perbaikan jalan di kawasan itu, maka dapat melancarkan arus barang dan jasa di samping menaikkan sektor pariwisata yang ada.

“Di kawasan ini ada beberapa spot yang dapat dikunjungi. Juga masyarakatnya masih banyak yang mengandalkan sektor pertanian. Kita harapkan dengan adanya peningkatan jalan ini, agar menjadi stimulus ekonomi di kawasan Talun Kenas dan sekitarnya,” tambahnya.

Pantauan lapangan, Baskami didampingi Pelaksana Tender, PT Sumber Mitra Jaya (SMJ), yaitu Manager Teknik PT Sumber Mitra Jaya (SMJ) Bertua Sirait. Kepala Unit Pelaksana Teknis Jalan dan Jembatan (UPTJJ) Medan, Amril Boy dan perwakilan Kecamatan serta desa setempat.

Manajer Teknik PT SMJ, Bertua Sirait menyampaikan, total perjaan ruas Patumbak hingga Tiga Juhar yaitu 4,5 Kilometer.

“Dibagi dua segmen, yaitu segmen pertama dimulai dari Kuta Jurung Kecamatan Sinembah Tanjung Muda (STM) Hilir sepanjanh 2,7 kilometer,” tambahnya.

Kemudian, kata Bertua dilanjutkan pada segmen kedua di kawasan Ranggitgit, Kecamatan STM hulu sepanjang 2,8 kilometer.

Menurut Bertua, sampai berita ini diterbitkan, pengerjaan telah mencapai base A dan pengerasan. Ditargetkan, akan mencapai tahap penyelesaian pada pekan kedua Bulan Februari.

“Kami menemukan permasalahan yang sama, sebagaimana di tempat lain, yaitu utilitas PDAM Tirtadeli yang terdapat di sepanjang bahu jalan dan melintang di rumah masyarakat. Juga penempatan tiang listrik,” tambahnya.

Bertua berharap, DPRD Sumut dapat memberikan dorongan baik pada Pemerintah Daerah agar dapat berkoordinasi kepada PDAM dan PLN, agar proyek tersebut dapat berjalan dengan baik.

Sementara itu, KA UPTJJ Medan- Deliserdang, Amril Boy, menyampaikan, pihaknya akan menyelesaikan seluruh pengerjaan sesuai target yang telah ditetapkan.

Ia berharap, dengan adanya peningkatan struktur jalan di kawasan STM Hilir dan STM Hulu, dapat melancarkan proses distribusi arus barang dan jasa.

“Akan mempermudah serta mempersingkat, sehingga mampu mengurangi biaya produksi karena ada efisiensi waktu sehingga menghemat biaya,” pungkasnya. (NS)