Jumat 24 Mei 2024

Pemrov Sumut Gelar Perayaan Festival Mayday, 40 Perusahaan Sediakan Lowongan Kerja

Bagikan :

LASSERNEWS.COM-Medan, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemrov Sumut) gelar perayaan Festival Mayday (Hari Buruh Internasional) 2024, di Gedung Serba Guna Pemrovsu, Jalan Williem Iskandar, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), Rabu (08/05/2024) pagi.

Kegiatan yang dihadiri oleh 72 (tujuh puluh dua) serikat buruh yang ada di Sumut itu, bertemakan “Kerja Bersama Wujudkan Pekerja Buruh yang Kompeten” dengan sub tema “Pekerja Terlindungi, Produktivitas Meningkat, Untuk Sumatera Utara Hebat, Indonesia Maju”.

Ketua Panitia, Ahmadsyah Eben, pada sambutannya dihadapan Pj. Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin, mengatakan, sebelum puncak perayaan Festival Mayday, pada tanggal 1 Mei 2024 bertempat di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumatera Utara, Serikat Buruh bersama Dinas Ketenagakerjaan Sumatera Utara dan BPJS Ketenagakerjaan, telah melaksanakan dialog public.

Selanjutnya, kata Ahmadsyah, pada tanggal 7 Mei 2024, Serikat Buruh bersama Dinas Ketenagakerjaan Sumatera Utara dan BPJS Ketenagakerjaan serta dukungan dari Sponsirship lainnya, melaksanakan pembukaan Job Fair (pameran bursa kerja), diskusi public dan talkshow.

Job Fair yang dilakukan diikuti oleh 40 (empat puluh) perusahaan dengan menyediakan 150 (seratus lima puluh) posisi jabatan dan menerima 600 (enam ratus) karyawan.

40 (empat puluh) perusahaan yang membuka lapangan kerja tersebut terdiri dari sektor perbankan, perkebunan, parawisata, makanan dan minuman, kesehatan, otomotif, jasa keuangan, dan sektor retail.

Puncak perayaan Festival Mayday 2024 yang didukung Polda Sumut itu, tampak dilakukan dengan ragam acara, seperti penyerahan simbolis santunan BPJS Ketenagakerjaan, penyerahan piagam penghargaan untuk mengenang jasa beberapa tokoh-tokoh pejuang buruh yang telah meninggal dunia, dan dilanjut dengan, penyerahan piagam prestasi kepada tokoh Pemerintahan, Kepolisian, TNI dan Kejaksaan.

Kemudian, penyerahan piagam penghargaan PARITRANA AWARD kepada perusahaan dan Pemerintah Daerah pemenang PARITRANA AWARD tingkat Provinsi, dan penandatanganan perjanjian kerjasama di bidang ketenagakerjaan antara Bank Sumut dan Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Sumatera Utara.

Pada pertengahan acara, para buruh melakukan pernyataan sikap. Diantara ke 8 (delapan) poin tuntutan buruh yang disampaikan kepada PJ Gubernur Sumut, hal yang sangat ditekankan buruh adalah meminta pemerintah agar mencabut klaster ketenagakerjaan dalam Undang-Undang Nomor 6 tahun 2023 Tentang Cipta Kerja dan menerbitkan Undang-Undang Ketenagakerjaan yang memberikan perlindungan dan jaminan kesejahteraan bagi pekerja/buruh.

Pj. Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin, dalam arahannya mengatakan, Hari Buruh International adalah merupakan momen yang penting bagi seluruh lapisan masyarakat, untuk merayakan kontribusi yang tidak ternilai daripada pekerja/buruh dalam memajukan kemajuan Bangsa dan Negara.

“Hari ini tentunya kita tidak sekedar merayakan prestasi buruh, tapi juga mari kita mengenang perjuangan panjang yang telah dilalui, dimana untuk mewujudkan hak-hak dan kesejahteraan yang adil bagi buruh dan keluarganya. Oleh sebab itu, sangat pantas jika kami menyematkan slogan bahwa buruhku adalah pahlawanku,” ucap mantan Pangdam I/Bukit Barisan itu.

Puncak acara perayaan Festival Mayday ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh PJ. Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin, didampingi Sekertaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekda Provsu) dan jajaran penjabat Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Dipenghujung kegiatan, panitia tampak membagikan luckydraw menarik kepada para buruh dengan dihibur oleh penyanyi trio.

Terpantau, didalam gedung serbaguna terdapat berbagai macam pameran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) milik Pemprov Sumut.

Informasi yang dihimpun, panitia menjadwalkan pada tanggal 10 Mei 2024 mendatang, dilakukan pemberian sembako kepada para buruh.

Ahmadsyah didampingi Sekretaris Panitia, Pengadilan Sembiring, SH., MH., saat ditemui awak media usai kegiatan mengatakan, antusias pencari kerja pada pembukaan Job Fair yang telah dilaksanakan sangat tinggi.

“Ada 1.620 pencari kerja yang melakukan pendaftaran melalui online, kemudian yang mendaftar langsung 812 orang,” jelas Ahmadsyah.

Dengan suksesnya acara tersebut, Ahmadsyah berharap pelaksanaan Festival Mayday itu bukan hanya sekedar seremonial, namun sebagai komitmen para buruh untuk memajukan Sumatera Utara.

Kepolisian dari Polda Sumut yang telah memberikan dukungan pada pelaksanaan kegiatan tersebut, mendapat apresiasi setinggi-tingginya dari para buruh.

“Khusus kepada Kepolisian Polda Sumatera Utara, kami mengucapkan terimakasih atas dukungan kerja kerasnya pada acara Festival Mayday Sumatera Utara tahun 2024 ini, sehingga berjalan dengan lancar, aman dan sukses,” ucap Ahmadsyah mewakili buruh. (Zul)