Selasa 16 April 2024

Normalisasi Sungai Deli itu Gagasan Bobby Nasution, KSAD Kerahkan Personil dan Peralatan

Bagikan :

LASSERNEWS.COM-Medan, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman menegaskan TNI AD mendukung penuh normalisasi sungai Deli yang digagas Wali Kota Medan Bobby Nasution. Guna membantu normalisasi sungai Deli jajaran TNI AD mengerahkan personil dan peralatan yang dimiliki. Selain itu Jenderal Dudung juga meminta jajarannya membantu program ini dengan maksimal.

“Karena kami diminta oleh Pemko Medan untuk membantu normalisasi sungai Deli, sehingga sangat dibutuhkan keterlibatan TNI AD baik itu personil maupun material terutama alat- alat berat yang dimiliki. Saya langsung perintahkan kepada seluruh jajaran agar segera membantu semaksimal mungkin normalisasi sungai Deli,” kata KSAD usai menyusuri sungai Deli bersama Wali Kota Medan Bobby Nasution di jembatan Simpang Kantor, Kecamatan Medan Marelan, Rabu (27/09/2023).

Menurut Jenderal Dudung Abdurachman TNI AD harus hadir di tengah-tengah kesulitan yang dihadapi rakyat. Artinya apapun kesulitannya dan TNI AD harus menjadi solusi. Selain itu TNI AD harus hadir dan berdampak positif di manapun dia bertugas dan berada.

“Gotong royong bersih sungai Deli yang dilakukan TNI AD bersama Pemko Medan inilah wujud nyata yang sudah dilakukan. Kami melibatkan seluruh personil TNI AD beserta seluruh komponen yang ada untuk mensukseskan normalisasi sungai Deli,” jelas Jenderal Dudung.

Jenderal Dudung menilai normalisasi sungai Deli ini sangat baik, apabila digagas oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution. Berbeda dengan proyek Sungai Ciliwung Bersih dan Citarum Harum yang ide dan pekerjaannya dilakukan pemerintah pusat.

“Ciliwung Bersih dan Citarum Harum itu kan ide dan pengerjaannya langsung pemerintah pusat. Justru ini luar biasa, ide normalisasi Sungai Deli justru lahir dari Pemko Medan,” sebut Dudung

Ditambahkan Dudung apa yang dilakukan Bobby Nasution ini dapat diteladani. ” Kota-kota lain, kabupaten-kabupaten lain bisa mencontoh ini, dengan segala macam keterbatasan dia bisa berbuat dan insya Allah bisa dibantu pemerintah pusat,” ungkap Dudung.

Ditempat yang sama Wali Kota Medan Bobby Nasution mengucapkan terima kasih kepada bapak KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang sudah turun langsung ke lokasi kegiatan gotong royong bersih sungai Deli. Memang beberapa saat yang lalu Pemko Medan menyampaikan program ini kepada KSAD dan memohon bantuan kekuatan personil dari TNI AD.

“Alhamdulillah kebutuhan personil dan peralatan untuk membersihkan sungai Deli sepanjang 34,5 km ini didukung penuh bapak KSAD,” Jelas Bobby Nasution.

Menurut Bobby Nasution selain berkolaborasi dengan TNI AD, Pemko Medan juga menggandeng Polri dalam gotong royong bersih sungai Deli ini dengan tujuan untuk mengembalikan kapasitas daya tampung Sungai Deli. Dimana Kekurangan kapasitas 18 persen itu, lanjutnya, akan dijadikan nol persen.

Bobby Nasution mengharapkan, dengan adanya pekerjaan ini, masyarakat kian sadar pentingnya Sungai Deli. Ke depan, lanjutnya, Sungai Deli jangan lagi dianggap halaman belakang rumah atau sebagai tempat sampah.

“Sungai Deli jangan lagi dipandang sebelah mata. Kami mengajak masyarakat bukan hanya di 63 hari kedepan tetapi seterusnya masyarakat dapat ikut serta menjaga sungai Deli,” ungkap Bobby Nasution.(NS)