Jumat 19 April 2024

Menatap Ke Depan: Menuju Merdeka Sejati yang Sesungguhnya

Bagikan :

Lassernews.com-Opini. Merdeka, merdeka, merdeka Dirgahayu Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ke 78. Tepat hari ini 17 Agustus 2023 Indonesia merayakan kemerdekaannya. Yang dimana kemerdekaan yang didapat dari darah dan nyawa para pahlawan bangsa yang berjuang melawan penjajah.

Indonesia yang katanya dijajah Belanda selama 350 Tahun dan Jepang 3,5 dan negara-negara lain seperti Prancis, Inggris, Portugis dan Spanyol.

Indonesia merupakan menyatunya kerajaan-kerajaan yang ada di seluruh Nusantara dari sabang sampai maraoke dan kerelaan raja-raja yang ada di nusantara demi terbentuknya Indonesia.

17 Agustus 1945 menjadi hari yang bersejarah bagi Indonesia setelah Ir. Soekarno dan Drs. Muhammad Hatta memproklamirkan kemerdekaan Indonesia.

78 tahun kini sudah umur Indonesia status negara merdeka telah didapat yakni terbebasnya negara ini dari penjajah. Namun benarkah kita sudah merdeka ?

Apakah arti merdeka bagi masyarakat ? Pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan yang sangat sulit untuk dijawab mengingat pada dasarnya masyarakat belum menikmati kemerdekaan yang sebenarnya di negri ini.

Pernah kita mendengar kutipan kalimat “jangan tanyakan apa yang negara ini berikan kepadamu tapi tanyakan apa yang kamu berikan pada negara ini”

Sebuah kalimat yang membuat masyarakat harus lemah mendengar kalimat tersebut dan seolah-olah masyarakat harus berulang memberikan pengorbanan kepada penguasa negara ini.

Merdeka, merdeka dan merdeka hanya kata yang sangat mudah kita ucapkan ketika kita dalam keadaan berkumpul dalam kelompok atau pun dalam eoforia tertentu benarkah kita merdeka ? Dan kalau merdeka kita merdeka dari apa ? Apakah cuma dari penjajah asing ?

Kesadaran kita dalam hal merdeka masih sangatlah kecil di negri ini, baik secara politik, ekonomi dan lainnya.

Untuk saat ini kita tidak bisa menyalahkan siapa pun perjuangan kita masih panjang untuk memerdekakan negri ini mari kita sebagai masyarakat dan pemangku pemerintahan sadar perjuangan kita mulai kembali untuk mendapatkan kata merdeka yang sebenarnya bukan hanya mendapatkan “STATUS NEGARA MERDEKA”

Dirgahayu Indonesiaku mari kita bersama-sama menjadikan Indonesia negara yang diperhitungkan Negara lain kedepannya.

Penulis: Afrizal/Tim