Minggu 29 Januari 2023

Daya Serapan Anggaran 10 OPD Rendah, Gandi: Demi Sumut Bermartabat Gubsu dan Wagubsu harus Kolaborasi

Koordinator PMPHI Sumut, Drs Gandi Parapat.
Koordinator PMPHI Sumut, Drs Gandi Parapat.

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
Share on telegram

LASSERNEWS.COM-Medan, Koordinator Pusat Monitoring Politik dan Hukum Indonesia (PMPHI) Sumatera Utara, Drs Gandi Parapat menilai keseriusan Gubernur Edy Rahmayadi dalam membangun SUMUT BERMARTABAT sepertinya sudah jelas melihat ketegasannya kepada jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) yakni mengejar RPJMD lima tahun kedepan.

Mengamati gestur tubuh Gubsu Edy, Kemungkinan 10 OPD akan dievaluasi karena daya serapan anggaranya rendah, kesepuluh OPD diantara RS Jiwa 84,29 %, Dinas Perindustrian dan Perdagangan 83,28%. Inspektorat Daerah Provinsi 82,79%, RS Umum Haji Daerah 79,33%, Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura 79,05%, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia 76,22%, Biro Pemerintahan Otonomi Daerah 72,62%, Dinas Pemuda dan Olahraga 70,89%, Dinas Perhubungan 64,74% dan Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi 65,22%.

“Jadi pertanyaan kenapa daya serapan anggaranya rendah, padahal semua pejabat dilingkungan Pemprovsu melalui tes yang dapat diakui keilmuannya. bisa di kategorikan mereka pintar sehingga tidak memahami kepintaran Gubsu yang hanya bisa merugikan masyarakat, atau mereka tidak mau tahu karena sudah mendapat fasilitas atau tunjangan jabatan yang cukup memadai sehingga kelihatan tidak serius.”tanya Gandi kepada wartawan Selasa (3/1/2023).

Masih kata Gandi, “Bisa saja persoalannya tidak ada teamwork atau kolaborasi antar pemimpin OPD, bisa juga asumsi masyarakat menilai yang tidak tidak seperti jabatan Wagubsu terkesan tidak di fungsikan,”ketusnya.

Kendati demikian, Gandi mendorong agar semua pihak mau membantu Gubsu dan Wagubsu bekerja maksimal untuk mewujudkan Sumut Bermartabat, Kami sarankan diakhir jabatan putra terbaik Sumut ini harus mereka mampu mengangkat atau memberi kepercayaan kepada orang dekat yang bisa diatur oleh Gubsu bukan seperti OPD yang kesepuluh itu.

Jika hanya mengandalkan kepintaran hasil test seperti inilah resikonya, seperti berseberangan dengan Gubsu dan Wagubsu, lalu pertanyaan masyarakatr terwujud kah Sumut Bermartabat, tanya Gandi.

Gandi berharap Wagubsu tetap menopang dan mendampingi Gubsu Edy untuk memberi informasi atau masukan siapa siapa saja OPD yang tidak bekerja maksimal, sehingga Gubsu dalam mengevaluasi dan atau orang menduduki jabatan tertentu tepat sasaran.

“Syukurlah Gubsu jeli di suasana awal tahun 2023 melakukan rapat evaluasi, dan acara rapat tersebut disiarkan beberapa Media bahwa ada sepuluh OPD yang terkesan mempermalukan Gubsu, Padahal Gubsu dengan visionernya Sumut Bermartabat, berharap setiap kebijakannya mencerminkan keberpihakan kepada masyarakat Sumatera Utara.”kata Gandi.

“Mari kita mendukung Edy Ramayadi. Bukan hanya melihat masalah Medan Club semata atau yang lainnya, tapi keseriusan Edy Rahmayadi membangun Sumut Bermartabat jelas sudah kelihatan diawal 2023.”ajak Gandi.

Akhir kata, Gandi menyebutkan Gubsu sudah berulangkali mengingatkan bahwa Sumut menjadi tuan rumah event nasional seperti Hari Pers Nasional dan Pekan Olahraga Nasional (PON). Untuk itu, semua pihak harus menyiapkan segala sesuatu agar event tersebut sukses dan tercipta nama baik kita semua yakni masyarakat Sumut. (Ril)