Sabtu 8 Oktober 2022

Babinsa Koramil Langsa Kota Himbau kepada Peternak Ayam Bahaya Pencemaran Udara

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
Share on telegram

DETEKSI.co-Langsa, Dalam rangka meminimalisir pencemaran lingkungan dan membantu program pemerintah dengan ketahananan pangan dibidang peternakan, Babinsa Koramil 02/Langsa Kota Sertu Bambang Wahyudi melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama pengurus peternakan ayam potong yang bertempat di Desa Alue Beurawe, Kecamatan Langsa Kota, Kodya Langsa, Jum’at (06/05/2022).

Dalam amatan nya yang disampaikan melalui awak media Sertu Bambang Wahyudi menyampaikan bahwa “tidak hanya manusia saja yang menginginkan rumah yang nyaman, kebersihan kandang ayam juga harus
menjadi perhatian khusus agar ayam tidak stress dan dapat berproduksi dengan optimal,” ucapnya.

Lanjut Babinsa mengatakan, “kenyamanan kandang juga terdapat ketepatan pengaturan suhu dan kualitas udara, kelembapan, cahaya yang masuk, ketersediaan air dan pakan, serta segala jenis keamanan yang dapat menghindari ayam dari bahaya yang dapat mengancam kelangsungan hidup ayam, sehingga dapat menghasilkan produksi yang berkualitas dan melimpah”, jelasnya kembali.

Marco (34) peternak ayam mengatakan “budidaya ayam potong sebenarnya bisa dibilang susah-susah gampang karena kandang tidak boleh berada di lokasi pemukiman. Peternak harus ulet dalam penanganannya serta ayam tidak gampang stress,” katanya.

Di tempat terpisah Kapten Sukamto Danramil 02/Langsa Kota menuturkan bahwa “Babinsa harus sering mengingatkan kepada peternak agar selalu menjaga kebersihan kandang agar tidak terjadi pencemaran udara ke pemukiman warga. Babinsa tidak hanya menekankan tentang kebersihan, sinergitas antara TNI dan Rakyat harus tetap selalu terjaga,” tegasnya. (Ril)